July 25, 2008

Change only the things we can


Seorang recovering addict pernah bertanya ke saya, "Sulit untuk saya bisa menjalani recovery, karena setiap kali saya coba untuk berubah selalu akhirnya gagal, tidak pernah sekalipun mendekati keberhasilan". Saya tanyakan kembali apa yang coba ia ubah, dan jawabannya cukup menjelaskan kenapa ia tidak bisa maju dalam proses perubahannya: Karena ia mencoba untuk merubah lingkungan dan orang-orang disekitarnya.

Saya rasa sangat sulit untuk kita dapat merubah orang lain selain diri sendiri. Memang, dalam recovery lingkungan dan orang yang berhubungan dekat dengan kita pasti merupakan suatu elemen yang penting untuk dijaga. Bukan hubungan yang dijaga, tapi bentuk dan sifat dari kedua komponen itu, seperti 'dimana' dan 'siapa'.

Saya katakan kepada orang tadi, "It's useless to try to change your surroundings, you might try, but there's a huge possibility that you will end up sorrow". Ia lalu menjawab bahwa berada di lingkungan dan sekitar orang yang tidak supportive membuat ia m
enjadi tidak dapat maksimal menjalani recovery.

Ini sangat betul, dan ini yang selalu terjadi dimanapun ada recovering addict. Recovering ad
dict yang berada di tengah-tengah lingkungan dan orang-orang yang tidak mendukung (atau tidak paham) recovery jelas merugikan. Tapi mencoba merubah mereka lebih merugikan lagi.

Instead, we could try to move to someplace more emphatic to our needs. And that is why we have recovery centers.. really! Berada di lingkungan yang mengerti kebutuhan kita jelas menguntungkan, walau tidak berarti lebih mudah (karena akan banyak terpaksa melakukan hal-hal tidak kita ingini). Tapi ini akan jauh lebih mudah daripada kita berbakti untuk merubah lingkungan.

Semakin banyak waktu dan tenaga kita curahkan untuk mengubah sesuatu yang sulit untuk kita ubah, dan tidak dalam kuasa kita untuk merubah, maka semakin banyak kesempatan baik akan hilang. Jadi jangan coba untuk merubah orang lain, atau lingkungan. Ubah diri sendiri. Bekali diri sendiri dengan strength and wisdom dimana ketika kita kembali berada di lingkungan dan orang-orang yang tidak mendukung recovery, kita tetap akan bertahan dan berkembang dari waktu-ke-waktu.

"God, grant me the Serenity to Accept the things we cannot change, the Courage to Change the things we can and the Wisdom to Know the difference."
(serenity prayers, Reinhold Niebuhr)

No comments: